Tumor: Jinak

Tumor, yang juga dikenal sebagai neoplasma, adalah jaringan abnormal yang mungkin padat atau berisi cairan.

Tumor tidak berarti kanker – tumor bisa jinak (tidak bersifat kanker), pra-ganas (pre-cancerous), atau ganas (kanker).

Ada banyak jenis tumor dan berbagai nama untuk mereka – nama mereka biasanya mencerminkan bentuk dan jenis jaringan yang mereka hadapi. Sederhananya, tumor adalah sejenis benjolan atau pembengkakan, tidak selalu menimbulkan kesehatan. ancaman.

Apa itu tumor?
Saat dokter menggunakan istilah tumor mereka berbicara secara umum dan bukan tentang ukuran lesi. Massa biasanya mengacu pada benjolan yang berdiameter 20 mm (0,787 inci) pada titik terluasnya, sementara nodul kurang dari 20 mm pada titik terluasnya.

Ukuran tumor bisa sangat bervariasi. Pada Januari 2012, Nguyen Duy Hai, pria Vietnam berusia 32 tahun menjalani operasi 12 jam untuk mengangkat tumor seberat 200 pon dari kakinya. Dr. McKay McKinnon, ahli bedah timbal, telah menilai keberhasilan operasi hanya 50%. Operasi itu sukses.

Sel induk kanker dapat memainkan peran penting dalam pertumbuhan tumor, tiga penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature and Science terungkap pada bulan Agustus 2012. Para ilmuwan percaya bahwa kanker mungkin memiliki sel induknya sendiri yang berdampak pada pertumbuhan kembali tumor. Mereka menambahkan bahwa jika penelitian lebih lanjut mengkonfirmasi temuan mereka, cara kita mengobati tumor kanker dapat berubah secara dramatis.

Tumor jinak
Tumor jinak (neoplasma jinak) tidak dapat bermetastasis – tidak dapat menyebar. Contohnya termasuk fibroid rahim dan tahi lalat. “Jinak” berarti tidak progresif, tetap seperti apa adanya.

Kebanyakan tumor jinak tidak berbahaya bagi kesehatan manusia. Meskipun mereka tidak bersifat kanker, beberapa mungkin menekan saraf atau pembuluh darah dan menyebabkan rasa sakit atau efek negatif lainnya. Tumor jinak dari jaringan endokrin dapat menyebabkan produksi beberapa hormon yang berlebihan.

Contoh tumor jinak meliputi:

Adenomas

Adenoma adalah tumor yang timbul dari jaringan epitel glandular – jaringan epitel adalah membran tipis yang menutupi kelenjar, organ dan struktur lainnya di dalam tubuh. Polip di usus besar adalah sejenis adenoma. Contoh lainnya termasuk adenoma hipofisis, adenoma adrenokortikal, adenoma sel basal, adenoma saluran empedu, adenoma kromofobe, adenoma folikuler, adenoma hepatoseluler, dan adenoma puting susu (masih banyak lagi).

Meskipun adenoma tidak bersifat kanker, mereka bisa berubah dan menjadi begitu; maka mereka disebut adenokarsinoma.

Fibroid (fibroma)

Fibroid (fibroma) adalah tumor jinak yang tumbuh pada jaringan fibrosa atau ikat dari organ manapun di dalam tubuh. Fibroid uterus biasa terjadi. Fibroid uterus dapat menyebabkan perdarahan vagina, nyeri panggul atau ketidaknyamanan, dan inkontinensia urin.

Fibroma durum (fibroma keras) terdiri dari banyak serat dan beberapa sel. The fibroma molle (soft fibroma) terdiri dari beberapa sel yang terhubung secara longgar dan jaringan fibroid yang kurang. Fibroma lunak biasanya ditemukan di ketiak, selangkangan, leher dan kelopak mata.

Ada banyak jenis fibroma, seperti angiofibroma, fibroma kistik (fibroma cysticum), myxofibroma (fibroma myxomatodes), fibroma nonossifying, ossifying fibroma, fibroma pengerasan semen, fibroma pleomorfik, fibroma selubung syaraf nuchal fibroma, chondromyxoid fibroma, fibroma desmoplasma. , fibroma kolagen, dan fibroma perifollicular.

Beberapa fibroma dapat menyebabkan gejala dan mungkin memerlukan operasi pengangkatan. Jarang, fibroid bisa berubah dan akhirnya menjadi kanker, mereka kemudian disebut fibrosarcomas.

Hemangioma

Hemangioma adalah tumor jinak yang terdiri dari sekumpulan sel darah yang terlalu banyak. Mereka terkadang terlihat di permukaan kulit dan diberi tanda stroberi secara bahasa sehari-hari. Mayoritas hemangioma muncul saat lahir dan secara bertahap hilang setelah beberapa bulan atau tahun.

Hemangioma biasanya tidak memerlukan perawatan apapun. Jika mereka mempengaruhi kemampuan pasien untuk makan, mendengar atau melihat, dokter mungkin menyarankan perawatan dengan kortikosteroid. Jika pasien berusia di atas 10 tahun, mereka lebih sering disingkirkan hari ini dengan menggunakan operasi laser.

Lipoma

Lipoma adalah bentuk tumor jaringan lunak yang paling umum. Lipomas terdiri dari jaringan adiposa (sel lemak). Kebanyakan dari mereka sangat kecil, tidak menimbulkan rasa sakit, lembut disentuh, dan umumnya bergerak. Mereka lebih umum di antara orang berusia 40+ tahun. Para ahli tidak setuju pada apakah lipoma bisa berubah dan menjadi kanker (ganas).

Ada banyak jenis lipoma, seperti angiolipoleiomyoma, angiolipoma, lipoma chondroid, lipoma korpus callosum, hibernoma, selaput sel spindle intradermal, fibroid fibroid, lipoma pleomorfik, dan lipoma subkutan superfisial (tipe yang paling umum ditemukan di bawah permukaan kulit).

baca juga :
cara mengobati gondok
obat herbal kista
agen qnc jelly gamat

Tumor: Jinak

Tinggalkan komentar

Blog di WordPress.com.

Atas ↑